Pages

Friday, October 4, 2013 at 10:51 AM Posted by Unknown



Dasar dari TCM adalah Yin Yang dan lima unsur (kayu, api, tanah, logam dan air), hal ini di formulasikan berdasakan observasi panjang tentang fenomena alam. Sedangkan yang mendasarinya adalah Qi (energi). Qi inilah yang membedakan kedokteran modern dan tradisional, Qi dapat dirasakan namun Qi tidak dapat dilihat. Qi juga yang membedakan manusia yang satu dengan yang lainnya.
Teori Yin Yang tidak sekedar segala sesuatu yang berlawanan/terpisah. Konsep tersebut tidak dapat dibatasi sesuatu di alam ini, yang selalu mempunyai aspek Yin dan Yang. Konsep inilah yang menjadi dasar diagnosis dan terapi dalam tcm.
Teori Yin Yang mempunyai arti mendalam yaitu keseimbangan atau yang dalam kedokteran barat di sebut homeostasis. Dalam Yin ada Yang (dalam gelap ada terang). Dalam Yang ada Yin (dalam terang ada gelap). Selama keadaan tersebut seimbang maka tubuh manusia dalam keadaan sehat.
Dalam pengertian TCM dikatakan :suatu yang bersamaan dalamenergi yang berlawanan dan dinamis. Saat ini kedokteran barat juga menggambarkan suatu keseimbangan atau lebih dikenal homeostasis terutama untuk kondisi humoral.
Yin Yang adalah ekspresi hubungan sistem profildan fungsi yang merupakan dinamika antara :
v  Luar (Yang) dan dalam (Yin), atas (Yang) dan dasar (Yin)
v  Yang adalah cepat dan aktivitas pendek
v  Yin adalah lambat dan aktivitas lama
v  Yang adalah bagian belakan tubuh
v  Yin adalah bagian depan tubuh
v  Dengan pengukuran alat modern Yang memiliki temperatur 0,5-10C lebih tinggi daripada area Yin

Ridho, Achmad Ali. (2013). Bekam sinergi. Solo : Aqwamedika

    About Me

    Followers