Pages

Monday, October 21, 2013 at 7:28 PM Posted by Unknown


Manfaat jika seseorang memahami konsep Yin Yang dalam dunia terapi bekam, diantaranya :

Dalam diagnosa

Selain harus memahami prinsip bekam, seorang terapis juga harus mencari seseorang dengan kondisi Yang(sindrom panas atau ekses) untuk bisa dilakukan bekam basah. Karena bekam basah akam membuat seseorang dikurangi unsur panasnya. Saat unsur panas ini dikurangi maka akan terjadi keseimbangan dalam tubuh.

Dalam penentuan lokasi titik bekam
Penentuan titik bekam memilih lokasi yang bersifat Yang, yaitu titik belakang tubuh dan atas tubuh. Hal ini berasarkan anatomi secara Yin Yang, yang menggolongkan bagian atas adalah area Yang, dan bagian belakang adalah area Yang. Walaupun demikian tidak menutup kemungkinan bahwa pembekaman juga bisa dilakukan di area Yin.

Dalam terapi
Seseorang dengan sindrom panas (Yang), maka memerlukan Yin untuk menjadi seimbang. Sebaliknya, seseorang dengan sindrom dingin (Yang), memerlukan Yang untuk memanasi sehingga terjadi keseimbangan.

Dalam prognosis
Seseorang dengan sindrom Yang jika dilakukan pembekaman makan akan membaik, namun seseorang dengan kondisi Yin dilakukan pembekaman maka mempunyai prognosis yang buruk.

Dalam diet dan gaya hidup
Seseorang dengan sindrom dingin (Yin) maka dianjurkan untuk makan makanan yang bersifat hangat, misalanya : kurma, madu, jahe, kapulaga, habbatussauda, dan sebagainya. Sebaliknya dengan sindrom panas sangat cocok dengan makanan yang bersifat dingin.


Sumber :   Ridho, Achmad Ali. (2013). Bekam sinergi. Solo : Aqwamedika

    About Me

    Followers