Pages

Friday, October 4, 2013 at 10:46 AM Posted by Unknown


Sifat berlawanan Yin Yang
Alam semesta menyajikan aspek yang salaing berlawanan satu sama lainnya yang lebih dikenal dengan Yin an Yang. Dalam keadaan sehari-hari contohnya, hangat atau panas (Yang), dapat menghilangkan kondisi dingin dan sejuk (Yin), berlku juga sebaliknya dingin dapat menurunkan kondisi panas. Dalam keadaan tertentu kita jumpai juga usnsur Ying yang berlebih dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang bersifat dingin, hal tersebut membuat unsur Yang melemah. Akibat yang ditimbulkan dari kedaan tersebut dapat dilihat : diare, encer, perut mulas, badan terasa dingin.

Sifat saling tergantung Yin Yang
Yin dan Yang merupakan substansi yang tidak dapat dipisahakan. Yin menunjukkan substansi nutrien (bahan makanan) dan Yang menunjukkan aktivitas fungsional nampak pada bagian dalam. Manifestasi Yang pada bagian luar adalah gerakan dari bagian dalam. Artinya “Yang adalah pelayanan dari Yin”. Yin yang terletak pada bagian dalam adalah bahan dasar aktivitas fungsional sehungga disebut “pelindung”. Misalnya makanan atau nutrisi akan tercerna jika energi di dalam pecernaan cukup. Pada orang yang kurang gizi terpai yang di berikan adalah memberikan nergi terhadap pencernaan dahulu sebelium diberi makanan atau nutrisi, misalnya madu, gingseng, dang shen dan lain-lain.

Hubungan saling melengkapi dan menunjang dari Yin dan Yang
Unsur Yin dan Yang selalu melengkapi dan menunjang. Berbagai aktivitas fungsional (Yang) badan akan membutuhkan substansi nutrien (Yin) akan membutuhkan sejumlah energi (Yang), ini merupakan proses konsumsi Yang untuk mendapatkan Yin. Apabila terjadi kekurangan atau kelebihan disalah satu unsur tersebut makan akan timbul penyakit

Hubungan saling mangubah dari Yin-Yang
Hubungan dari Yin dan Yang tidak selamanya absolut, dalam keadaan tertentu Yin dapat berubah menjadi Yang begitu juga sebaliknya Yang dapat berubah menjadi Yin. Contoh dalam kehidupan sehari hari adalah saat kita kedingina karena hujan dan tidak dihangati maka akan miuncul badan panas sebagai akumulasi dari dingin yang menghasilkan panas. Demikian juga pada saat demam jika tidak di dinginkan maka muncul fase kedinginan hebat sebagai akumulasi dari panas (contohnya pada DBD fase pre shock)

Yin dan Yang di alam dan tubuh manusia






       ALAM
Yin
Yang
Bumi
Langit
Wanita
Laki
Malam
Siang
Bulan
Matahari
Rendah
Tinggi
Berat
Ringan
Kecenderungan menurun
Kecenderungan meningkat
Gerkan ke bawah
Gerakan ke atas
Diam
Bergerak







   TUBUH MANUSIA
Yin
Yang
Interior
Eksterior
Depan
Belakang
Bagian bawah
Bagian bawah
Tulang
Kulit
defisiensi
Ekses
Darah
Qi
Organ dalam
Organ luar
Inhibisi
Stimulasi
Anterior
Posterior
Ventral
Dorsal

Pasangan organ Yin (Cang) dan organ Yang (Fu)
Oergan Yin (Cang)
Organ Yang (FU)
Jantung
Usus kecil
Paru-paru
Usus besar
Perikardium
Tri pemanas
Hati
Kandung empedu
Limpa
Lambung
Ginjal
Kandung kemih

Ridho, Achmad Ali. (2013). Bekam sinergi. Solo : Aqwamedika

    About Me

    Followers