Pages

Tuesday, October 1, 2013 at 5:35 PM Posted by Unknown


Dalam bekam sinergi terdapat 4 teknik yaitu
 Bekam basah adalah proses pembekaman sengan melakukan sayatan untuk mengeluarkan darah yang ada di kapiler epidermis.bekam basah dilakukan untuk mngeluarkan patogen angin, panas dan  api seta darah stasis, sangat utama dilakukan untuk sindrom panas ekses dan panas ekses yang membuat darah stasis. Materi yang ikut keluar antara lain : Qi/energi, Xue/darah, Jin ye, Yin dan Yang. Maka diperlukan kehati-hatian dalam melakukannya.



    Bekam kering adalah pengekopan dengan pompa tanpa mengularkan darah. Patogen yang dikeluarkan adalah angin, panas dan api. Sangat baik dalam kasus Yin Xu. Sama halnya bekam basah bekam kering juga akan mngeluarkan energi tanpa mengeluarkan darah.




  Bekam api adalah proses pembekaman dengan bantuan api sebagai media pembuatan ruang hampa udara dalam segelas cakum. Metode ini sangat baikuntuk menghangatkan meridian, menyegarkan Qi/enaergi dan sirkulasi. Patogen yang dikeluarkan yaitu lembab dan dingin, serta mengusir stagnasi darah yang disebabkan oleh patogen dingin atau lemahnya energi, bengkak dan nyeri.






Moksibusi adalah teknik tambahan bagi pasien dengan sindrom kekurangan Yang/Yang xu. Keadaan tersebut ditandai dengan badan lemah, letih, lesu dan loyo disertai keringat dingin, anggota gerak terasa dingin, nafas pendek, diare dan rona wajah yang pucat. Pada keadaan seperti itu pembekaman dilarang dilakukan karena akan meperparah keadaan, solusinya adalah dengan melakukan moksa pada titik akupuntur untuk meningkatkan Yang Qi tubuh.



Sumber :   Ridho, Achmad Ali. (2013). Bekam sinergi. Solo : Aqwamedika

    About Me

    Followers