Pages

Saturday, October 26, 2013 at 1:14 AM Posted by Unknown


YIN YANG SEBAGAI MATERI DASAR
Dalam kehidupan sehari-hari seseorang yang dikatakan seimbang jika orang tersebut cukup unsur Yin dan Yang. Seseorang dikatakan kekurangan Yin ditandai dengan gejala panas, bibir kering, feses kering, mudah haus dll. Sedangkan seseorang dikatakan kekurangan unsur yang akan nampak gejala seperti mual, kedinginan, kaki dan tangan dingin, diare dll. Beberapa meteri penyusun dari unsur Yin adalah darah, cairan dan Jing, dan materi pnyusun dari unsur yang adalah Qi.
Terlu adalah sebuah contoh dari teori Yin Yang, dimana setiap materi didalamnya mengandung unsur Yin dan Yang

QI SEBAGAI MATERI DASAR
Qi atau enegi vital merupakan suatu unsur yang tidak dapat dilihat, dipegang, atau pun dirasakan. Qi juga merupakan substansi esensial yang memelihara aktivitas organ, jaringan tubuh lain, serta memelihara meridian. Qi bekerja di seluruh bentuk fisiologis tubuh, tidak ada tempat dalam tubuh yang tidak di lewati oleh Qi. Bila gerakan Qi berhenti maka aktivitas tubh juga akan berhenti. Maka dari itu seseorang dikatakan sehat jika Qi dalam tubuhnya cukup.
Dalam mempelajari qi dan sirkulasinya perlu diketahui distribusi, sumber, dan fungsi Qi yang bermacam-macam tersebut. Beberapa fungsi Qi :
a.    Sebagai penggiatan tubuh atau penunjang
b.   Sebagai pemanasan atau penghangatan
c.    Sebagai pertahanan tubuh
d.   Sebagai pemantau atau pengawasan
e.    Sebagai nutrisi
f.     Sebagai pengaktifan Qi

JING SEBAGAI MATERI DASAR
Jing mempunyai dua arti yaitu Jing dalam arti bawaan dan Jing dalam arti sesudah lahir. Jing bawaan merupakan materi pembentukan tubuh manusia, yaitu materi yang ada seblum pembentukan tubuh yang berasal dari orang tua. Sedangkan jing sesudah lahir adalah materi yang terjadi karena hasil pengolahan bahan makanan dan minuman. Jing yang terbentuk akan disimpan dalam organ Zang.

DARAH/XUE SEBAGAI MATERI DASAR
Darah merupakan cairan berwarna merah yang beredar dalam pembuluh darah dan merupakan substansi makanan yang vital dalam tubuh. Peredaran darah ke seluruh tubuh tersebut terorganisir oleh tiga organ yaitu jantung, hati, dan limpa. Jantung mengalirkan darah ke seluruh tubuh melelui pembuluh-pembuluh yang terdapat di semua bagian tubuh dan daya penggeraknya adalah Qi, dan Qi limpa membantu mengontrol darah dan mencegah perdarahan. Hati menggiatkan aliran Qi dan mengatur volume darah.
Disfungsi dari salah satu tiga organ tersebut dapat mengakibatkan kelainan peredaran darah, seperti :
Ø Defisiensi Qi jantung/Qi Xu jantung misalnya dapat menimbulkan stagnasi (bendungan darah jantung)
Ø Disfungsi limpa/Qi Xu limpa dalam mengontrol darah dapat menimbulkan perdarahan usus, perdarahan rahim, urine berdarah dan ekimosis (bercak darah dalam kulit).

CAIRAN TUBUH/JIN YE SEBGAI MATERI DASAR
Cairan tubuh merupakan istilah umum untuk semua cairan normal yang terdapat dalam tubuh, cairan tersebut antara lain ludah, liur lambung, liur pencernaan lain dan cairan-cairan dalam rongga sendi, air mata, cairan hidung, keringat dan kemih.
Jin Ye terbentuk dari makanan dan minuman yang di cerna dan diserap oleh limpa dan lambung. Cairan tersebut di distribusikan dan di eksresi oleh limpa yang berkaitan dengan fungsi transportasi, penyeberan, pengaliran dan pengaturan peredaran air. Fungsi pengendalian, pembentukan kemih dan pemisahan cairan kemih dan cairan jernih di atur oleh organ ginjal.
Jin sendiri adalah cairan yang jernih dan encer, sedangkan Ye adalah cairan yang pekat dan keruh. Jin didistribusikan pada permukaan otot, berfungsi menghangatkan dan memeberi makanan otot, serta melembabkan kulit, sedangkan Ye disimpadan dalam sendi dan ruang-runag terbukalain dan berfungsi membasahi sendi, menguatkan otak dan sumsum tulang, serta memberi makan sebagai ruang terbuka.

Sumber :   Ridho, Achmad Ali. (2013). Bekam sinergi. Solo : Aqwamedika

    About Me

    Followers