Pages

Tuesday, October 1, 2013 at 5:22 PM Posted by Unknown


Bekam sinergi adalah sebuah metode penanganan penyakit yang melibatkan penarikan Qi (energi) dan Xue (darah) ke permukaan kulit menggunakan ruang hampa udara (vakum) yang tercipta dalam sebuah gelas atau kop dengan mempertimbangkan kekuatan 7 materi dasar dan 6 patogen eksternal yang harus dikeluarkan dalam tubuh.

Dalam kedokteran timur mengenal 6 patogen/penyebab penyakit dalam tubuh yang terdiri atas angin, panas, dingin, kering, lembab dan api. Patogen-patogen tersebut yang akan kita keluarkan dengan metode bekam, namun tidak semuanya dapat dilakukan bekam basah. Sehingga diperlukan teknik lain untuk mengeluarkan patogen lembab dan dingin yaitu dengan teknik bekam api dan moksibusi.
Namun tidak semua penyakit terjadi karena 6 patogen tersebut, bisa saja karena emosi yang tidak stabil, kecelakaan, kurang gizi, gaya hidup yang salah dan sebagainya. Tujuan dari pembekaman adalah untuk mengeluarkan patogen yang ekses, dan dalam pembekaman juga akan mengeluarkan 7 materi dasar yang perlu diperhatikan saat pembekaman yaitu Qi, Xue, Jin, Ye, Jing, Yin dan Yang.
Dalam pembekaman perlu diperhatikan apakah orang terssebut dalam keadaan cukup unsur karena akan dapat membuat tubuh semakin lemas dan terapi bekam tidak memberikan kesembuhan namun malah memperparah keadaan sakit.
Dalam bekam sinergi dapat dirumuskan sebagai berikut :
No
Unsur yang dikeluarkan
Bekam basah
Bekam kering
Bekam api
1
Angin
+
+
+
2
Panas
+
+
-
3
Dingin
-
-
+
4
Kering
-
-
-
5
Lembab
-
-
+
6
Api
+
+
-
7
Darah stasis
+
-
-
8
Energi
+
+
-

Sumber :   Ridho, Achmad Ali. (2013). Bekam sinergi. Solo : Aqwamedika

    About Me

    Followers